IN「Genting Online Gambling」FOGRAFIK: Beri Watermark Saat Kirim File KTP!

  • 时间:
  • 浏览:0

KOMPAS.com - KGenting Online GamblingAsus pGenGenting Online Gamblingting Online GaGenting Online GamblingmblingenGenting Online Gamblingyalahgunaan data dengan menggunakan KTP orang lain, mulai marak terjadi. 

Karena itu, kita tak boleh sembarangan mengirim foto KTP pada pihak yang tidak dikenal agar tidak terjadi kebocoran data.

Tujuannya, jika data tersebut disalahgunakan, pemilik KTP bisa mengetahui pihak mana yang melakukan penyalahgunaan tersebut.

Infografik: Beri Watermark Saat Kirim File KTP!

Dengan memberikan watermark atau tanda air yang bisa dibuat dengan cara diedit secara digital maupun tulis tangan.

Namun, jika pihak tersebut meminta scan KTP tanpa watermark, pemilik KTP perlu curiga dan harus mempertimbangkan ulang untuk memberikan data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Jika pihak yang meminta KTP hanya menggunakannya untuk kebutuhan verifikasi, pasti pihak tersebut akan menerima bukti scan KTP dengan watermark.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui akun Instagram resminya, @kemenkominfo, memberi tips untuk mencegah penyalahgunaan KTP ketika hendak dikirimkan ke orang lain.

Watermark ini setidaknya harus berisi keterangan tanggal dan kepada siapa foto/scan KTP atau berkas penting lainnya akan diberikan.